4 August 2015
Comments: 0

Tips Memilih Genting Agar Tak Cepat Bocor

Di saat musim hujan seperti ini, genting bocor menjadi problem yang sering terjadi. Diperlukan strategi jitu dalam memilih genting, agar persoalan yang sama tidak terulang lagi.

Saat ini, jenis genting sebagai atap hunian sangat beragam di pasaran, mulai dari warna, ukuran, serta harganya. Jika tidak jeli, bukan tidak mungkin genting yang baru dibeli akan mudah pecah, atau saat dipasang tidak cocok dengan genting yang sudah terpasang.  Untuk mengetahui bagaimana memilih genting yang baik, ada beberapa cara mudah untuk mengetahuinya.

“Pertama, genting yang bagus adalah yang warnanya cerah,” kata Distributor Omah Genteng, Agus Prayitno, saat berbincang dengan Okezone di Jakarta Rabu (10/10/2012).

Kedua, hal yang perlu dilakukan dalam membeli genting adalah dengan cara diketuk. Ketuklah genting secara perlahan, pastikan bunyinya nyaring. Selain itu, pastikan setiap sudut genting yang akan dibeli memiliki sudut yang rapi dan sama rata.

“Jadi kalau nanti disambung itu bisa cocok satu dengan yang lainnya,” dia mengimbuhkan.

Agus menuturkan, proses pembuatan genting memiliki waktu yang berbeda. Semakin lama proses genting dibakar atau dioven, hasilnya akan semakin baik. Dan faktor durasi pembakaran akan mempengaruhi harga jual genting.

“Kalau soal harga mulai dari Rp1.350 per pieces, ada juga yang harganya sampai Rp5.000 per pieces,” ujarnya.

Diakuinya, standar sebuah rumah akan membutuhkan 4.500 hingga 5.000 pieces genting. Adapun genting dengan kualitas baik adalah yang berasal dari Jepara, Kebumen, dan Jatiwangi.

Source : http://economy.okezone.com/read/2012/10/10/472/701817/tips-memilih-genting-agar-tak-cepat-bocor

Leave a Reply